ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Monday, October 22, 2018

KENAPA 22 OKTOBER DITETAPKAN HARI SANTRI NASIONAL? INI JAWABANNYA

Pemerintah melalui Keppres nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN). Karena sudah ditetapkan sebagai HSN, tentu 22 Oktober merupakan hari yang istimewa dan spesial bagi santri.

Namun tahukah kamu kenapa tanggal 22 Oktober dipilih sebagai hari santri? Hal tersebut merujuk pada peristiwa bersejarah  yakni Resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

KH Hasyim Asy’ari yang juga ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu“.

Seruan Jihad  itu membakar semangat para santri arek-arek Surabaya untuk menyerang markas Brigade 49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby. Jenderal Mallaby pun tewas dalam pertempuran yang berlangsung 3 hari berturut-turut tanggal 27, 28, 29 Oktober 1945. 

Begitulah karakter patriot dan cinta tanah air para santri. Sehingga 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional untuk menghargai jasa santri dan kiai dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Sehingga pada 22 Oktober juga dilaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional. Selamat Hari Santri Nasional.***

No comments:

Post a Comment