ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Sunday, September 2, 2018

CARA MENGATASI SUAMI YANG TIDAK MAU SHOLAT

Ada ibu-ibu majelis taklim yang bertanya, bagaimana dia harus berbuat bila suaminya tak mau sholat. Padahal sudah diingatkan. Namun tetap saja tak mau solat.

Sahabat Islamiana. Sholat adalah rukun Islam yang kedua. Bila meninggalkannya berarti Islamnya tidak sah. Karena rukun tak boleh ditinggalkan. 

Sholat juga merupakan amalan kunci. Kelak di akhirat sholat akan ditanya terlebih dulu, sebelum amal lainnya.  Sehingga sholat sangat penting dan menjadi kebutuhan.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Abu Daud)

Istri yang Sholihah adalah istri yang bisa menjadi pendamping yang baik bagi suaminya. Sebagai istri tentulah mencintai suaminya. Bila cinta maka tentu tak rela dan tak tega bila kelak di akhirat menyaksikan suami disiksa di neraka karena tak sholat. 

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan istri, bila suaminya tak mau sholat.

1. Jangan pernah bosan untuk mengingatkan suami bahwa sholat itu rukun Islam. Solat itu wajib tak boleh ditinggalkan. Bila tak dilaksanakan maka berdosa. 

2. Bila sudah masuk waktu sholat ingatkan suami, bahwa sudah masuk waktu sholat. Bila dia tak di rumah maka kirimkan pesan singkat bahwa sudah masuk waktu sholat.

3. Jangan pernah bosan bertanya kepada suami apakah sudah sholat atau belum. Meskipun dia marah jangan pernah berhenti. Katakan bahwa itu anda lakukan karena sangat mencintainya.

4. Doakan suami agar mendapat hidayah sehingga mau sholat. Jangan pernah bosan berdoa. Karena setelah kita berusaha agar berhasil kita harus berdoa.

5. Selalu baca Alquran saat suami di rumah agar dia mendengarkannya. Dengan mendengar Alquran, setidaknya mengurangi energi negatif dalam diri suami.

Lakukan terus menerus sampai suami mau shalat. Jangan pernah bosan mengingatkan. InsyaAllah usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan berbuah manis. Waulohu A'lam.***

No comments:

Post a Comment