ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Tuesday, August 22, 2017

MAU NIKAH TAPI JOMBLO, INI SOLUSINYA

Semua manusia yang sehat, mestilah ingin menikah. Namun yang menjadi persoalan adalah ketika sudah punya keinginan menikah, namun belum punya calon alias jomblo.
Ini yang menjadikanmu galau tak terkira. Bak kata pepatah tidur tak nyenyak, mandi tak basah dan makan tak kenyang, karena memikirkan nasib kejombloannya. Ups…



Memang, menikah merupakan kebutuhan hidup manusia. Sehingga tak heran, menjalin ikatan suci dalam perkawinan sesuai ajaran agama adalah dambaan setiap insan. Karena memang Tuhan menciptakan mahluk berpasang-pasangan.

Meskipun saat ini masih jomblo, jangan terus berada dalam kenestapaan dan meratapi kejobloan. Namun berusahalah untuk menjemput jodohmu.

Ya, jodoh kita siapa Allah yang tahu. Karena Allah lah yang sudah menentukan siapa jodoh kita. Namun sebagai manusia kita punya kewajiban untuk berusaha. Lantas bagaimana solusi mengatasi masa kejobloan dan lekas keluar darinya? Ini dia:

Pertama. Berdoalah kepada Allah. Mohonlan kepada-Nya agar segera dipertemukan dengan jodohmu. Berdoa pada hakikatnya mengambalikan segala sesuatunya kepada Allah. Karena Allah lah sutradara kisah kehidupan ini. Siapa, kapan dan dimana kita dipertemukan dengan jodoh, hak preogratif tuhan. Namun kamu harus berdoa agar Allah rido dengan mempertemukan jodoh buatmu.

Doa adalah senjata paling ampuh. Karena doa kita kepada Allah tak terhalang oleh waktu, tak tersekat oleh dinding. Yakinlah doa kita pasti dikabulkan oleh-Nya. Ingatlah, bahwa Allah senantiasa mendengar doa kita. Maka berdoalah agar Allah mempermudahkanmu menemukan jodoh. Jodoh yang tentunya sangat dinantikan dan didamba-dambakan. Gunakankah waktu-waktu mustajabah dalam memanjatkan doa, seperti sepertiga malam terakhir. Lakukan shalat sunat tahajud kemudian panjatkanlah doa kita dengan sepenuh hati dan segenap jiwa. Insyaalah, Allah akan mengijabah doa kita.

Kedua. Lakukanlah persiapan untuk menjadi suami atau istri. Karena terkadang, kita hanya punya keinginan kuat untuk menikah. Namun tak pernah mengintrospeksi diri apakah sudah siap untuk menjadi suami dan kemudian menjadi ayah dari anak-anak. Ini perlu dicamkan untuk kaum lelaki. Belajarlah untuk bersikap dewasa dalam menghadapai semua persoalan. Karena berumah tangga tak pakai geladi resik atau percobaan.

Untuk yang wanita, tentu persiapkan diri menjadi istri. Bersiaplah menjadi istri idaman suami. Istri yang menjadi penyejuk hati, pemberi motivasi untuk kesuksesan sang suami. Bersiaplah untuk menjadi ibu, ibu yang pintar mendidik anak-anaknya.

Jangan hanya mengedepankan keinginan tanpa dibarengi persiapan mental. Bagaimana Alllah mau mempertemukan dengan jodoh, kalau demikian.

Ketiga. Lakukan perbaikan diri. Tingkatkan ibadan kita. Shalat lima waktu jangan pernah tinggal, usahakan shalat di awal waktu. Kemudian hadirilah majelis-majelis ilmu dan ibadah. Berkumpullan dengan orang-orang baik. Ini penting agar kita dipertemukan Allah dengan jodoh yang baik dan di tempat-tempat yang baik dan melalui perantara orang baik pula. Kemudian kita juga hendaknya sering berkonsultasi dengan ustadz, kiyai atau orang alim. Minta nasihat dari mereka. Jangan pernah segan untuk sekedar curhat. Jangan pernah bosan.

Keempat. Rajin-Rajin berpuasa Sunat. Karena berpuasa akan bermanfaat bagi kita, utamanya dalam hal mengontrol dan mengendalikan hawa nafsu. Dengan berpuasa, nafsu tak menjadi meledak-ledak. Hati dan jiawa akan merasa teduh. Sehingga kita bisa terhindar dari kemaksiatan.

Maklum jiwa muda, dan semangat untuk menikah biasanya sepeti semangat 45. Bila tidak dikontrol bisa bahaya. Maka kontrollah dengan puasa.

Kelima. Tetaplah bersabar menanti dalam kebaikan. Dalam penantian dipertemukan jodoh, sabar adalah sikap yang harus dilakukan. Karena sabar merupakan jurus ampuh untuk mengatasi segala persoalan.

Baca Juga CIRI SUAMI YANG DIRINDUI SURGA

Jika kita menginginkan jodoh yang baik, bersabarlah. Jangan menjerumuskan diri dalam kemaksiakan. Karena memang kebaikan akan dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disenangi hawa nafsu. Ingatlah bawa sabar itu indah dan semua akan indah pada waktunya.

Bila sudah demikian insyaalah jodohmu segera kau temukan. Waulohua’lam. Semoga ber manfaat.*