ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Wednesday, August 23, 2017

INILAH CIRI SUAMI YANG DIRINDUI SURGA

Sahabat ISLAMIANA, setiap kita adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang kita pimpin. Lelaki atau suami adalah pemimpin bagi keluarganya. Karena itu, suami bertanggungjawab atas keluarganya dan ia akan dipertanyakan prihal memimpin keluarganya tersebut.

Dalam memimpin keluarga, suami yang baik harus mempu menjadikan keluarganya, keluarga yang mendapatkan rahmat dan kasinh sayang Allah. Tentu dengan membawa keluarganya mentaati Allah Swt dengan segala perintah dan larangan-Nya. Menciptakan keluarga yang syar’i. Sehingga ia menjadi suami yang dirindui surga.

Oleh karena itu, suami harus memperbaiki diri agar tetap berada pada ketaatan kepada Allah. Kemudian membimbing anak-anaknya, terutama istrinya agar tetap taat pada Allah. Bukan membiarkan istrinya masuk kedalam neraka. Apalagi bila istri masuk neraka karena tidak mendapatkan bimbingan suami, maka suami juga akan ikut keneraka karenanya.


Namun faktanya, tidak sedikit suami yang tak risau dan terkesan cuek bahkan seolah tidak ada beban tanggungjawab, saat istrinya keluar rumah tidak berjilbab atau tidak menutup aurat. Begitu juga dengan anaknya. Ini adalah dosa suami bila dia tidak menegurnya dan mengajaknya untuk menutup aurat.

Jangan pula terbalik, suami justru meminta kepada istrinya agar berdandan menor-monor dan berpenampilan seksi untuk diperlihatkan dan dibangga-banggakan  kepada teman-temannya. Atau bila istrinya berpenampilan muslimah, malah dibilang sok alim dan sebagainya. Kalaulah suami memiliki sifat seperti itu, maka ini adalah suami yang dirindukan neraka.

Bila sudah mengingatkan, membimbing dan mengarahkan, namun istri enggan mengikuti, itu perkara lain. Kewajiban sebagai suami sudah pun ditunaikan. Sehingga terlepas dari dosa. Namun suami harus tetap mengingatkan dan menasehati seraya berdoa kepada Allah agar istri dan anak-anak mereka diberikan hidayah.

Baca juga 9 CIRI ISTRI YANG DIDAMBAKAN

Selanjutnya, suami juga harus mengontrol solat sang istri dan anak-anaknya. Jangan sampai istri tidak solat, padahal tidak ada halangan dan  suami yang tahu mendiamkan saja. Bila demikian maka sebanyak apapun solat suami, maka ia tetap dirindui neraka karena tak mau membimbing istrinya.
Suami juga harus mengajari ilmu agama kepada istrinya. Karena mengetahui ilmu agama wajib hukumnya. Atau suami mencarikan guru untuk istinya agar belajar ilmu agama. Karena bila tidak mengetahui agama, bagaimana bisa hidup sesuai dengan tuntunan syariat. Suami juga tidak boleh membiarkan istri terus berada dalam ketidaktahuan ilmu agama. Perintahkan istri untuk mengikuti majelis-majelis taklim, jangan justru menghalangai istri untuk mengikuti perkumpulan atau majelis ilmu.

Baca juga CARA MEMPERLAKUKAN ISTRI

Wahai para suami, jangan pernah bosan untuk mendidik, membimbing dan membawa istri dan anak-anak menuju surga. Jangan pernah lelah untuk menciptakan keluarga yang syar’i. Jangan pernah mengabaikan agama dalam kehidupan. Karena agama adalah panduan hidup menuju kesuksesan di dunia dan akhirat.

Berjuanglah sekuat tenaga untuk meraih surga. Bila engkau mencintai dirimu maka selamatkanlah dirimu dari api neraka dan bila engkau mencintai istri dan keluargamu bawalah ia ke surganya Allah bersamamu. (*)