ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Wednesday, August 30, 2017

BIDAH DAN JAWABAN AMALAN YANG SERING DIANGGAP SESAT



“Tadi ibu-ibu di Masjid Agung mengadu, ayahnya meninggal, mau dibuat Talqin di kuburnya, langsung saudara laki-lakinya bawa parang dari rumah hingga ke kubur dengan ancaman, ‘Jika kalian buat Talqin di kubur nanti, akan kupancung kalian’. Akhirnya tak ada yang berani bacakan Talqin”. SMS Kamis, 21 Rabi’ al-Akhir 1435H / 20 Februari 2014M, Jam: 21:37, dari 085274645xxx.Kalau seperti ini memahami agama, mau dibawa ke mana umat ini?!

Padahal hadits tentang Talqin diterima para ulama. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani berkata dalam kitab Talkhish al-Habir, [ وَإِسْنَادُهُ صَالِحٌ . وَقَدْ قَوَّاهُ ال ضيَاءُ فِي أَحْكَامِهِ ].

“Sanadnya shalih (baik). Dikuatkan Imam Dhiya’uddin dalam kitab Ahkam-nya”1.
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani menyebutkan lima riwayat lain yang semakna dengan hadits ini sehingga membuatnya menjadi riwayat yang kuat.

Para ulama terpercaya dari kalangan Ahli Hadits dan Ahli Fiqh membenarkan Talqin.
Pendapat Ahli Hadits Imam Ibnu ash-Sholah (643H/1161M – 643H/1245M)2:
وسئل الشيخ أبو عمرو بن الصلاح رحمه الله عنه فقال التلقين هو الذى نختاره ونعمل به قال وروينا فيه حديثا من حديث أبى
امامة ليس إسناده بالقائم لكن اعتضد بشواهد وبعمل أهل الشام قديما

Syekh Abu ‘Amr bin ash-Sholah ditanya tentang talqin, ia menjawab: “Talqin yang kami pilih dan yang kami amalkan, telah diriwayatkan kepada kami satu hadits dari hadits Abu Umamah, sanadnya tidak tegak/tidak kuat. Akan tetapi didukung hadits-hadits lain yang semakna dengannya dan dengan amalan penduduk negeri Syam sejak zaman dahulu3.

Demikian cuplikan sikapur sirih Buku 37 Masalah Populer karya H. Abdul Somad, Lc., MA. untuk membaca lebih lengkap silakan klik Download geratis




37 Masalah Populer dimaksud yakni: Ikhtilaf dan Mazhab - Bid’ah - Memahami Ayat dan Hadits Mutasyabihat Beramal Dengan Hadits Dha’if - Isbal - Jenggot - Kesaksian Untuk Jenazah - Merubah Dhamir (Kata Ganti) Pada Kalimat “Allahummaghfir lahu- Duduk di Atas Kubur - Azab Kubur Talqin Mayat - Amal Orang Hidup Untuk Orang Yang Sudah Wafat - Bacaan al-Qur’an Untuk Mayat - Membaca al-Qur’an di Sisi Kubur - Keutamaan Surat Yasin - Membaca al-Qur’an Bersama - Tawassul - Khutbah Idul Fithri dan Idul Adha - Shalat di Masjid Ada Kubur - Doa Qunut Pada Shalat Shubuh - Shalat Qabliyah Jum’at - Bersalaman Setelah Shalat - Zikir Jahr Setelah Shalat - Berdoa Setelah Shalat - Doa Bersama - Berzikir Menggunakan Tasbih - Mengangkat Tangan Ketika Berdoa - Mengusap Wajah Setelah Berdoa - Malam Nishfu Sya’ban - ‘Aqiqah Setelah Dewasa - Memakai Emas Bagi Laki-Laki - Poto - Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw - Benarkah Ayah dan Ibu Nabi Kafir? - as-Siyadah (Mengucapkan “Sayyidina Muhammad Saw”) - Salaf dan Salafi - Syi’ah.