ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Wednesday, July 24, 2019

Harta Kita yang Sesungguhnya

Harta adalah sesuatu yang sangat berharga. Betapa senang bila kita memiliki banyak harta. Kita bisa memenuhi berbagai keinginan. Berbagai fasilitas hidup bisa kita dapatkan dengan harta yang kita miliki.

Harta adalah fasilitas yang diberikan Allah kepada kita. Oleh karena itu kita seharusnya menggunakan harta itu untuk mendekatkan diri kepada Allah, bukan malah jauh dari-Nya. Kita harus menjadikan harta sebagai fasilitas untuk beramal shaleh bukan malah kita yang diperbudak harta.

Banyak kisah terjadi di masa lampau, karena harta manusia lalai dan jauh dari Allah. Mereka manjadi jauh dari pencipta karena mendapatkan harta. Seperti kisah saklabah dan lainnya. Mereka hancur karena menjadi budak harta.

Sahabat, taukah kita, bahwa harta yang sebenarnya menjadi milik kita?
Baju yang banyak yang kita beli akan rusak kita pakai, kita pun tak bisa memakai semuanya dalam satu waktu. Rumah banyak pun hanya satu yang bisa kita tempati. Kendaraan lama-lama akan rusak.

Jadi harta yang sesungguhnya adalah harta yang bisa kita nikmati di akhirat yang kekal. Yaitu harta yang kita gunakan di jalan Allah. Seperti harta yang kita infakkan, kita sumbangkan untuk keperluan pembangunan masjid, surau, madrasah, pesantren dan lain sebagainya. Membantu bersedekah kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan. Harta yang digunakan untuk menyiarkan agama Allah.
Itulah hakikatnya harta yang kita miliki.

Kita akan tau di akhirat kelak bahwa harta-harta yang kita sedekahkan itu begitu berharga. Menjadi milik kita di akhirat, tempat kehidupan abadi. Bahkan orang yang sudah matipun bila dihidupkan mereka akan bersedekah. Karena apa? karena mereka sudah melihat harta yang sesungguhnya.

Mudah-mudahan kita bisa memahami hakikat harta yang kita miliki. Sehingga kita bisa mendapatkan harta yang hakiki itu. Waulohu'Alam.






No comments:

Post a Comment