ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Monday, March 18, 2019

MASJID AL NOOR TERNYATA MASJID TERTUA DI SELANDIA BARU

ISLAMIANA-Umat muslim di dunia tengah dirundung duka yang teramat dalam. Jumat (15/03/19), dilaporkan telah terjadi penembakan terhadap dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru.

Penembakan pertama terjadi di Mesjid Al Noor di pusat Kota Christchurch, sementara penembakan kedua berlangsung di Mesjid Linwood di pinggiran kota. Penembakan tersebut menewaskan 49 orang dan menyebabkan puluhan korban luka-luka. Kebayakan korban meninggal adalah jemaah mesjid Al Noor.

Masjid Al Noor diklaim sebagai masjid terbesar di Christchurch, sekaligus sebagai saah satu masjid tertua di Selandia Baru. Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid ini juga dimanfaatkan untuk menampung pengungsi muslim.

Situs Trip Advisor mendeskripsikan Al Noor sebagai salah satu tempat paling damai yang sangat menghargai hubungan antar sesama manusia. Namun sayang, predikat tersebut hancur setelah terjadi insiden penembakan yang menelan puluhan korban jiwa baru-baru ini.

Bahkan, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Arden mengatakan bahwa aksi teror tersebut merupakan salah satu momen terburuk sepanjang sejarah. Sang pelaku tampaknya tahu betul bahwa setiap hari Jumat, ratusan umat Muslim Christchurch akan berkumpul di Masjid Al Noor untuk menunaikan ibadah salat Jumat.

Berdasarkan hasil penelusuran, masjid ini mampu menampung 500 orang dengan berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari area khusus jamaah perempuan, tempat wudhu, lahan parkir dan halaman yang luas, hingga desain interior yang sangat nyaman. Sementara untuk tampilan luarnya, Masjid Al Noor dilengkapi kubah berwarna emas dan sebuah menara seperti desain masjid pada umumnya. (*)

No comments:

Post a Comment