ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Friday, October 19, 2018

UNIK, MASJID TRANSPARAN JADI IKON WISATA DUNIA

Islamiana.net - Unik. Itulah kata yang terucap saat menyaksikan masjid satu ini. Tak seperti masjid pada umumnya. Masjid bertajuk "Paradise Has Many Gates" atau Surga Memiliki Banyak Pintu ini adalah masjid yang transparan. Atap dinding dan kubahnya tembus pandang.

Dinding yang tembus pandang memungkinkan apa yang ada di dalam terlihat dari luar. Kondisi tersebut memfasilitasi orang-orang yang belum pernah tahu masjid dan aktivitas keagamaan di dalamnya untuk mengenal lebih jauh.

Berkat keunikannya masjid ini juga menjadi ikon wisata dimana dia berada. Selain untuk melihat keunikannya,  para pengunjung juga ingin merasakan salat didalamnya.

Masjid tersebut didesain secara artistik oleh seniman asal Arab Saudi, Ajlan Gharem. Fungsi dan bangunan pokok "Paradise Has Many Gates" tak ubahnya masjid-masjid pada umumnya, ada ruang shalat, mihrab, karpet sajadah.

Secara umum masjid terbuat dari pleksigas, aluminium, pipa baja, dan lampu elektrik. Sekilas, keunikan masjid yang sarat dengan dinding kawat itu mirip konstruksi penjara Guantanamo milik militer Amerika Serikat.

Sebuah media yang berbasis di Dubai My Salaam melaporkan, sang seniman memang ingin membangkitkan perasaan terkurung bagi siapa saja yang masuk di dalamnya. Ajlan Gharem berharap masyarakat menangkap pesan tentang bagaimana fenomena isolasi diri dan ide terjadi.


"Paradise Has Many Gates" sempat kontroversial saat pertama kali hadir di Arab Saudi. Tapi kini sukses dan terkenal di dunia Barat. Pada musim panas ini, karya ini ditempatkan di taman Vanier Vancouber Kanada selama dua tahun ke depan.

Di hadapan pers internasional, Ajlan Gharem berharap karya seninya tidak hanya menjadi tontonan, melainkan juga ruang ide, dialog, dan percakapan baru.

Di situs resmi pribadinya, sang seniman mengatakan, masjid merupakan saluran bagi kekuatan simbolis setiap individu. "Masjid adalah reinkarnasi alun-alun publik tetapi kehadirannya niscaya, setidaknya secara sosial," katanya. (*) 

No comments:

Post a Comment