ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Sunday, October 28, 2018

INGIN MENJADI MANUSIA TERBAIK, BEGINI CARANYA

Sahabat Islamiana. Hidup adalah perlombaan. Dalam hidup kita harus berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan melakukan kebaikan. Karena memang Allah SWT menciptakan kita untuk diuji siapa yang paling baik amal perbuatannya.



Untuk menjadi yang terbaik itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jadilah manusia yang memberikan manfaat buat manusia lainnya. Semakin banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain maka kita akan menjadi semakin baik. Berbuatlah kebaikan dimana pun kita berada. Sehingga orang merasa senang dengan kehadiran kita. Kita hadir ditengah masyarakat memberikan manfaat bukan mudorot.

2.  Tebarkanlah amal yang pahalanya tak terputus. Yakni amal yang terus mengalir pahalanya meskipun kita sudah meninggal dunia. Adapun amal tersebut yakni bersedekah jariyah seperti untuk pembangunan masjid, lembaga pendidikan Islam, membangun pondok pesantren dan lain sebagainya. Kemudian ilmu yang bermanfaat dan anak Sholih yang mendoakan kedua orangtuanya.

3. Lakukan muhasabah atau instropeksi diri. Ini penting untuk mengetahui sejauh mana kebaikan yang sudah kita lakukan. Lakukan penilaian terhadap diri sendiri. Dengan itu juga kita bisa mengetahui kekurangan dan kelemahannya. Selanjutnya kita lakukanlah langkah-langkah perbaikan diri.

4. Berdoalah agar kita mendapatkan Khusnul khatimah. Yakni mati dalam keadaan baik, ditempat yang baik dan pada waktu yang baik pula. 

Hal ini sangat penting. Karena meskipun kita hebat dalam menjalani hidup tetapi bila akhirnya jelek maka kita tidak bisa menjadi yang terbaik. Mengapa? Karena untuk menjadi yang terbaik itu dinilai pada akhirnya. 

Meskipun baik diawal namun gagal diakhir maka kita tidak bisa menjadi yang terbaik. Seperti orang yang lomba lari dia akan menjadi juara apabila mampu mencapai finish pertama. Namun untuk mencapai finis pertama tentu harus lari dengan sekencang mungkin sejak dari start.

Jadi untuk menjadi yang terbaik perlu upaya sungguh-sungguh. Bila kita diberikan umur panjang, maka sepanjang itu juga kebaikan kita tebarkan. Dengan begitu insyaAllah kita bisa menjadi yang terbaik baik di dunia maupun di akhirat. Waullohu 'Alam. (*)

No comments:

Post a Comment