ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Saturday, October 20, 2018

BEGINI CARA MEMILIH SAHABAT SEJATI


Sahabat Islamiana. Hidup tak terlepas dari pergaulan antar sesama. Karena memang kita adalah mahluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. Mustahil kita bisa hidup sendiri. 



Dalam pergaulan, kita tentu memiliki sahabat. Namun sesungguhnya kita haruslah tau siapa orang yang baik untuk kita jadikan sahabat. Ini penting agar kita tak kecewa di kemudian hari. Karena pada dasarnya sedikit banyak sahabat karib akan mempengaruhi hidup kita.
Oleh karena itu carilah sahabat yang benar-benar layak untuk dijadikan sahabat. Bukan sahabat yang justru menjerumuskan kita dalam kehancuran. 

Setidaknya ada lima kriteria seorang itu bisa menjadi sahabat karib dalam urusan dunia dan agama. Hal ini seperti yabg dikemukakan Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah.

1.  Pintar atau Berakal
Menurut Imam Al-Ghazali tak ada untungnya kita bergaul dan bersahabat dekat dengan orang yang bodoh. Karena hanya akan memberikan mudharat kepada kita. 
"Musuh yang pandai lebih baik dari teman yang bodoh" kata Al-Ghazali.

Artinya bisa kita berteman dekat dengan orang bodoh kita bisa ikut menjadi bodoh bahkan hancur. Musuh yang pintar justru akan membuat kita bertambah pintar.
Imam Al-Ghazali juga menukil perkataan Imam Ali ra:

"Jangan lah kau bergaul dengan orang bodoh. Hendaknya kau betul-betul menghindarinya. Betapa banyak orang bodoh yang menghancurkan.'

2.  Bagus Akhlaknya
Janganlah berteman dekat dengan orang yang buruk akhlaknya. Tak bisa menahan syahwat dan amarah. Pilihlah teman yang sopan dalam bergaul dan santun dalam bertutur. Baik budinya, bijak tuturnya.

Pilihlah teman yang bila kita berada dalam keburukan, dia baguskan kita. Bila kita tolong dia, saat kita membutuhkan pertolongan dia juga akan menolong kita. Bila kita berbuat baik dia akan mengingatnya, dan bila kita berbuat salah dia akan meluruskannya.

3. Baik Amalnya
Imam Al-Ghazali melarang kita berteman dengan orang fasik yang selalu melakukan maksiat besar. Karena bila demikian orang tersebut berarti tidak takut kepada Allah. Bila kita berteman dengannya kita tak akan aman dari bencana yang ditimbulkan oleh orang yang berbuat maksiat besar itu.

Bahkan kita harusnya menghindari bergaul dengan orang fasik. Sebab, selalu menyaksikan kefasikan dan maksiat akan membuat kita toleran dan meremehkan maksiat.

4. Tidak Tamak terhadap Dunia
Bergaul dengan orang yang tamak demi dunia merupakan racun yang membunuh. Karena berteman dengan orang tamak bisa membuat kita menjadi lebih tamak. Bertemanlah dengan orang Zuhud, mudah-mudahan bisa membuatmu lebih zuhud.

5. Jujur Bertutur
Jangan sampai Anda bersahabat dengan pembohong karena bisa jadi kita tertipu olehnya. Pilihlah sahabat yang jujur maka kita akan beruntung. Orang jujur akan jauh dari korupsi, orang jujur akan membawa kita kepada kesuksesan dunia dan akhirat.

Demikianlah lima kriteria sahabat ideal yang akan membawa kita kepada kesuksesan dunia dan kesuksesan di akhirat. Mudah-mudahan sahabat kita adalah sahabat yang ideal itu. Sehingga kita adalah orang yang beruntung. *

No comments:

Post a Comment