ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Tuesday, September 4, 2018

WAJIB HINDARI! POSISI TIDUR PALING DIBENCI ALLAH

Sahabat Islamiana. Islam adalah agama yang sempurna. Ia mengatur seluruh sendi kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah masalah tidur. Oleh karena itu hendaklah kita mengetahui tuntunan tersebut. 


Beda orang beda pula kebiasaan posisi tidurnya. Namun ada posisi tidur yang dibenci oleh Allah yang harus diketahui untuk dijauhi. Hal ini sebagaimana Nabi Muhammad SAW.

Dari Ya’isy bin Thokhfah Al Ghifariy, dari bapaknya, ia berkata,
فَبَيْنَمَا أَنَا مُضْطَجِعٌ فِى الْمَسْجِدِ مِنَ السَّحَرِ عَلَى بَطْنِى إِذَا رَجُلٌ يُحَرِّكُنِى بِرِجْلِهِ فَقَالَ « إِنَّ هَذِهِ ضِجْعَةٌ يُبْغِضُهَا اللَّهُ ». قَالَ فَنَظَرْتُ فَإِذَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-

“Ketika itu aku sedang berbaring tengkurap di masjid karena begadang dan itu terjadi di waktu sahur. Lalu tiba-tiba ada seseorang menggerak-gerakkanku dengan kakinya. Ia pun berkata, “Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dibenci oleh Allah.” Kemudian aku pandang orang tersebut, ternyata ia adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Abu Daud no. 5040 dan Ibnu Majah no. 3723).

Dalam hadis lainnya disebutkan.
عَنِ ابْنِ طِخْفَةَ الْغِفَارِىِّ عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ مَرَّ بِىَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا مُضْطَجِعٌ عَلَى بَطْنِى فَرَكَضَنِى بِرِجْلِهِ وَقَالَ « يَا جُنَيْدِبُ إِنَّمَا هَذِهِ ضِجْعَةُ أَهْلِ النَّارِ ».

Dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzarr, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda, “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah nomor 3724).

Berdasarkan dua hadist ahohih di atas, maka posisi tidur tengkurap sangat dilarang dan si benci Allah. Karena tidur sedemikian itu merupakan posisi tidurnya ahli neraka.
Lalu bagaimana posisi tidur yang baik. Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menganjurkan kita untuk tidur diatas sisi kanan seperti tidurnya mayit di liang kuburnya.  Karena tidur bagaikan kematian dan terjaga adalah bagaikan bangkit. 

Kepada orang tua hendaklah melatih anaknya untuk tidak tidur tengkurap. Karena kalau tidak, anak akan terbiasa tidur tengkurap. Padahal itu tidak baik dan dilarang. Mudah-mudahan menfaat. Waulohu A'lam.**

No comments:

Post a Comment