ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Monday, September 10, 2018

BEGINI TATA CARA BERWUDU DI KAMAR KECIL

Kita dianjurkan untuk berwudhu di rumah sebelum pergi ke masjid. Di rumah biasanya tak ada tempat wudhu khusus. Sehingga wudhu dilakukan di kamar kecil atau kamar mandi. Disitu juga terdapat toilet. Lalu bagaimana tata cara kita berwudhu di kamar kecil seperti itu.
Sebenarnya tidak ada larangan berwudhu di kamar mandi. Namun berwudu' dikamar mandi tak sama dengan berwudhu ditempat wudhu'. Ada tata cara yang harus kita ketahui.
Pertama: Sebelum berwudhu' pastikan ada air yang suci dan mensucikan. Disarankan agar membuat kran dikamar mandi untuk digunakan berwudhu. Bila wudhu di bak yang tidak besar atau kurang dari dua kulah, maka ketika menyiramkan air sebaiknya agak menjauh dari bak. Agar air yang sudah buat berwudhu' tak kembali masuk ke bak.
Kedua: Siramlah dulu lantai kamar mandi untuk memastikan tak ada najis. Hal ini dilakukan untuk kehati-hatian.  Sehingga ibadah yang kita lakukan lebih mantap.
Ketiga: Tidak membaca basmalah sebelum berwudhu di dalam kamar mandi yang ada WC-nya. Meskipun disunatkan membacanya sebelum wudhu, namun kesunatan ini gugur karena larangan menyebut asma Allah di kamar kecil.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra. disebutkan bahwa Rasulullah saw. bila hendak masuk ke tempat buang air (khala’) melepas cincinnya. (HR. Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’i dan Ibnu Majah). 
Rasulullah saw. melepas cincinnya karena padanya tertulis kalimat “Muhammadur Rasulullah”. Kalau lafadz Allah saja tidak boleh dibawa ke dalam toilet apalagi membacanya. Bila mengikuti pendapat ulama yang mewajibkan baca basmalah sebelum wudhu, maka seharusnya dibaca dalam hati.
Keempat: Berwudhu' lah dengan aurat tertutup. Terkadang kita sehabis mandi langsung berwudhu'. Oleh karena itu jangan sampai lupa untuk mengenakan handuk dulu agar aurat tertutup saat wudu'.
Kelima: Bacalah doa sesudah wudu' di luar kamar kecil. Hal ini dilakukan karena membaca di kamar dilarang. Oleh karena itu, untuk tetap mendapatkan kesunatan, maka hendaklah membaca di luar kamar mandi. Waulohu A'lam.***

No comments:

Post a Comment