ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Saturday, August 25, 2018

TIPS AGAR ANAK MENJADI SHOLIH DAN SHOLIHAH


Sahabat Islamiana. Setiap orang pasti mendambakan anak kita menjadi anak yang sholih dan solihah. Lantas apa upaya yang harus kita lakukan.

1. Berdoalah agar kita diberikan anak yang sholih dan sholihah. Sehabis solat jangan lupa mendoakan anak kita. Sebutlah namanya dalam doa kita. Istikomah lah dalam melakukan hal tersebut. Hal ini pula yang dilakukan Nabi Ibrohim As. Beliau berdoa agar diberikan anak yang sholih.

2. Hormatilah ahli ilmu baik itu ustad, kiayi, buya dan apapun sebutannya. Insyaallah kita akan mendapatkan keberkahan dari alhi ilmu tersebut. Diantara keberkahan tersebut yakni anak kita insyaallah dijadikan anak yang sholih dan sholihah. Jangan sampai kita justru menghina, atau menjelek-jelekkan orang yang berilmu. Ini berakibat buruk pada diri kita.

3. Timanglah anak-anak kita dengan kata-kata yang baik.. Hal tersebut dengan sendirinya akan memberikan sugesti positif kedalam diri sang anak. Misalnya menimangnya dengan kata-kata "anak sholih, pintar ngaji, rajin solat" dan lain-lain. Dengan demikian karakter yang terbentuk adalah karakter yang positif.

4. Carilah rizki yang halal untuk memberikan makan anak-anak kita. Jauhilah rizki yang haram. Karena setiap yang dimakan akan menjadi darah dan daging. Bila darah dan daging sudah tumbuh dari yang haram, maka kelakukan yang dihasilkan juga yang negatif.

5. Perhatikan pendidikan agama anak-anak kita. Jangan sampai kita menyepelekan hal tersebut, menganggap pendidikan agama tidak penting. Padahal pendidikan agama adalah pedoman anak-anak kita dalam menjalani hidup. Sehingga dia harus tahu tuntunan agama.

6. Berilah kasih sayang yang cukup kepada anak, terutama kasih sayang seorang ibu. Jangan sampai seorang ibu yang disibukkan dengan bekerja namun mengabaikan kewajibannya dalam memberikan kasih sayangnya kepada sanga anak. Padahal kasih sayang ini sangat penting dalam perkembangan anak.

7. Hormati dan berbaktilah kepada orang tua kita. Insyaallah dengan begitu anak kita juga akan menjadi anak sholih dan sholihah yang berbakti pada kedua orang tuanya.

8. Berilah teladan yang baik kepada anak-anak kita. Karena orang tua adalah lingkungan yang paling dekat dengannya. Sebagian dari prilakunya akan sangat dipengaruhi oleh prilaku orang tuanya. Jelek teladan yang diberikan, maka jelek pula kelakukan anak kita nantinya. Begitu sebaliknya. Maka teladanilah anak dengan teladan yang baik.

9. Jangan pernah memukulnya hanya karena kesalahan yang sepele. Bila harus memukul karena kesalahannya, maka pukul lah dengan pukulah yang mendidik, bukan pukulah yang menyiksa. Seperti anak kita tidak mau sholat padahal sudah berusia 10 tahun, maka pukullah dia dengan pukulan mendidik.

Demikian tips yang penulis rangkum dari berbagai sumber. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment