ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Wednesday, August 23, 2017

FAKTA MENAKJUBKAN LABA-LABA, SEMUT DAN LEBAH

Sahabat ISLAMIANA. Ada beberapa hewan yang namanya menjadi nama surah dalam Al-Quran. Tiga diantaranya adalah laba-laba (Al Ankabut), semut (An-Naml) dan lebah (An-Nahl). Ketiga hewan ini ternyata memiliki kelebihan dan keunikan yang menakjubkan. Berikut uraiannya.


LABA-LABA

1. Sarang laba-laba lebih kuat dari baja. Ilmuan menggunakan benang laba-laba untuk model membuat bahan yang bernama kevlar. Kevlar yaitu bahan pembuat jaket anti peluru. Hebatnya lagi, benang laba-laba ini 10 kali lipat lebih kuat dari kevlar. Wow.

2. Laba-laba ahli pembuat perangkap. Permenitnya laba-laba mampu membuat benang khusus sebanyak 200 gulung kemudian benang itu disusun dengan pola yang cerdas. Lihat aja sarang laba-laba yang bagus.

3. Laba-laba pelompat disebut sebagai seranggga tercerdas di dunia karena dapat menghafal ritme yang diberikan para ilmuwan

4. Laba-laba juga ahli kimia. Laba-laba spesies bolas mempunyai metode berburu dengan meniru aroma feromon. Feromon adalah senyawa yang dikeluarkan satu mahluk dan diterima mahluk lain dengan spesies yang sama.


SEMUT

1. Semut mulai bertani dan berkebun sejak 50 juta tahun lebih awal dari manusia. Cara bertaninya sangat canggih untuk meningkatkan jumlah hasil panen.

2. Semut bisa beternak . Semut madu beternak aphid, yaitu sejenis kumbang untuk menghasilkan madu.

3.Ratu semut bisa hidup hingga 20 tahun dan semut pekerja hanya 45-60 hari saja.


LEBAH

1. Sarangnya yang heksagonal merupakan bentuk arsitektur yang paling efisien sebab tidak menyisakan ruang kosong.

2. Sarang dibuat dengan kemiringan 13 derajat sehingga madu tidak tumpah.

3. Lebah pemadu tidak hanya memberi lokasi sumber bunga kepada lebah lain dengan tariannya tetapi juga jaraknya.

*sumber buku Binatang Menakjubkan dalam Al-Quran.


No comments:

Post a Comment