ISLAMIANA

Referensi Islami Masa Kini

Wednesday, August 23, 2017

CARA AGAR MENJADI KAYA RAYA

Kaya adalah milik semua orang. Siapapun kita dan dari keluarga bagaimanapun kita dilahirkan, kita berhak untuk hidup kaya.
Orang kaya adalah mereka yang hidup dengan memiliki banyak harta. Kemudian harta itu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Sehingga ia memperoleh kebahagiaan dunia akhirat. Tidaklah dikatakan kaya kalau hartanya tak memberi manfaat bagi orang lain.

Sebagai umat muslim, kita harus berusaha untuk hidup kaya. Karena untuk menyempurkan rukun Islam yang kelima, kita butuh banyak harta. Untuk itu, mari berusaha untuk hidup kaya raya. Karena bila kita terlahir miskin, itu bukan salah kita. Namun jika kita mati dalam kondisi ekonomi yang sama itu adalah salah kita yang enggan berusaha.

Memang pada hakikatnya, sejak kita berusia empat bulan dalam kandungan, takdir rezeki sudah dituliskan. Namun kita tidak tahu apa gerangan yang tercatat dalam suratan takdir kita. Terlepas dari itu, tugas kita hanya berusaha. Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Hasil yang sebanding dengan upaya yang kita lakukan sebagai hamba. Karena Allah tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum tersebut merubahnya sendiri.

Agar kita bisa mencapai hidup kaya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Diantaranya:

Tanamkan Tekad Sedari Dini untuk Menjadi Orang Kaya
Tekad sangat penting. Karena tekad tersebut pada hakikatnya pemicu untuk kemudian kita melangkah pasti kedepan. Tanamkan tekad yang kuat di dalam hati sanubari kita untuk mencapai hidup kaya raya.

Siapkan Mental Menjadi Orang Kaya
Mental kaya, ialah mental siap gagal dan siap sukses. Artinya ketiga kita gagal saat berusaha menggapai asa, jangan menyerah. Jadikan kegagalan sebagai bahan pelajaran untuk tidak terjatuh pada lubang yang sama kedua kalinya. Jangan pernah berputus asa, karena nikmat Allah begitu banyak untuk kita dapatkan.

Kemudian,  saat benar-benar mendapatkan kekayaan, kita siap mengemban amanah tersebut. Tidak bingung mengatur harta sehingga melupakan kewajiban kepada sang pencipta. Bersiaplah menjadi orang kaya, sebelum kekayaan itu benar-benar nyata kita dapatkan.

Belajarlah Menjadi Kaya dengan Berbagi
Untuk menjadi kaya, kita harus belajar berbagi. Mulai dari orang-orang terdekat. Tidak dikatakan kaya kalau kita tidak bisa berbagi. Meskipun nilainya tidak seberapa karena kita belum kaya, namun ini akan menjadi pelajaran bagi kita, bahwa kaya itu untuk berbagi.

Jangan Berhayal Tanpa Berbuat
Berhayal memang tidak dilarang. Berhayal juga geratis. Namun jangan terlalu banyak berhayal, tapi tidak berbuat. Mulailah berbuat untuk menjemput kekayaan.

Bila kita adalah pegawai maka tekunilah pekerjaan. Cintailah pekerjaan kita. Jadilah pegawai yang inovatif dan profesional. Punya etos kerja tinggi.

Bila belum bekerja, carilah pekerjaan. Jangan pernah bermimpi untuk menjadi bos bila belum menjadi anak buah. Jangan pernah bermimpi untuk menjadi pejabat kalau belum pernah jadi pegawai. Jangan pernah bermimpi menjadi atasan bila belum menjadi bawahan. Semuanya butuh proses.

Kemudian mulailah berfikir untuk membuka bisnis. Apapun itu, yang penting bisnis itu baik. Sesuaikan bisnismu dengan hobi. Karena itu akan memudahkanmu menuju sukses.

Bila sudah berbisnis, mulailah berinovasi mengembangkan bisnis itu. Berbisnislah dengan baik, karena kebaikan tentu akan membuahkan hasil berupa kebaikan yang berlipat-lipat pula.

Jangan Sombong
Jangan pernah sombong. Karena kesombongan akan menghancurkan kita. Kesombongan akan menutup diri kita dari menerima nasihat kebaikan. Sombongjuga akan menjauhkan kita dari saudara-saudara kita. Kita tidak akan disenangi, karena sombong.

Jangan pernah berfikir untuk hidup kaya namun sombong. Ingat pedagang itu sukses karena adanya pembeli. Kita bisa menjadi bos karena ada bawahan. Kita bisa menjadi pejabat karena adanya pegawai. Kita bisa menjadi presiden karena adanya rakyat.

Ini berarti adanya kesuksesan berkaitan dengan orang lain. Kita tak mungkin bisa menjadi kaya tanpa adanya orang lain. Oleh karena itu, jadilah manusia yang rendah hati.

Selalulah Bersyukur
Terakhir, selalulah bersyukur atas nikmat rezeki yang kita dapat, berapapun itu. Karena dengan bersyukur, Allah pasti akan menambah pemberian nikmat kepada kita. Dengan begitu maka akan bertambah-tambahlah rezeki yang kita dapatkan.

Ini adalah kunci untuk mencapai hidup kaya. Dengan bersyukur pintu-pintu rezeki akan selalu terbuka. Kemudahan-kemudahan akan datang tidak terduga. Sehingga rezeki akan mengalir deras bak air terjun niagara.

Mari kita capai hidup kaya raya. Karena surga sangat merindukan orang kaya raya lagi dermawan tentunya. Mudah-mudahan bermanfaat.(*)